Customer Service: (+62-22) 8606 1101

Bantuan

FAQ : Lain-lain

Jawaban:
  1. Internet
    Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet.dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.
  2. ISP (Internet Service Provider)
    Internet Service Provider adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
  3. Website
    adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.
  4. Web Browser
    Program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
  5. Domain Name
    Adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet
  6. Download / unduh
    adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer yang dipakai oleh user.
  7. Email
    Adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain
  8. IP Address
    Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.
  9. Network
    Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.
  10. SMTP
    Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.
  11. TCP/IP
    Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
  12. Telnet
    Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100.
  13. Upload / Unggah
    Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.
  14. Upstream
    Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.
  15. URL
    Uniform Resource Locator. Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.
  16. VOIP
    Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).
  17. VPN
    Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual "tertutup" (private).
  18. Webmail
    Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.
  19. Wi-Fi
    Wireless Fidelity. Standar industri untuk transmisi data secara nirkabel (wireless) yang dikembangkan menurut standar spesifikasi IEEE 802.11.
  20. World Wide Web
    Sering disingkat sebagai WWW atau "web" saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.
  21. IP Public
    IP Public adalah IP address yang dapat di akses oleh pengguna internet diseluruh dunia, dan IP address publik diberikan oleh badan khusus dunia yang menangani mengenai IP address yaitu IANA.
  22. IP Private (Pribadi)
    Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu rentang alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN). Internet Assigned Numbers Authority (IANA) telah mereserved tiga blok berikut ruang alamat IP untuk jaringan pribadi (jaringan lokal):
    10.0.0.0 – 10.255.255.255 (Total Addresses: 16,777,216)
    172.16.0.0 – 172.31.255.255 (Total Addresses: 1,048,576)
    192.168.0.0 – 192.168.255.255 (Total Addresses: 65,536)
  23. IP Dinamik
    IP address yang berubah-ubah. Untuk layanan Personal akan mendapatkan fasilitas IP Dinamik
  24. IP Statik
    IP yang tidak berubah (tetap. Untuk layanan Corporate akan mendapatkan IP Statik.
  25. Koneksi Internasional (IX)
    Koneksi Internasional atau (IX) adalah koneksi keluar negeri atau server yang terletak diluar negeri seperti yahoo.com, facebook.com, dll.
  26. Koneksi Lokal (IIX)
    Koneksi lokal (IIX) adalah koneksi lokal indonesia ke server yang terletak di indonesia seperti detik.com, indowebster.com, dll. Koneksi game online indonesia juga termasuk menggunakan bandwith lokal (IIX).
  27. Broadband
    Saluran transmisi data dengan kecepatan tinggi serta kapasitas bandwidth yang lebih besar daripada saluran telepon konvensional.
  28. Apa itu DNS?
    DNS - Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.
    IP DNS Melsa : 202.138.225.253 (Preffered) dan 202.138.246.2 (alternate)
  29. Downstream
    Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
  30. Firewall
    Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan
  31. HTTP
    Hyper Text Transfer Protocol, protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
  32. Gateway
    Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.
  33. Share (Burstable)
    Pengertian singkat up to / burstable sebenarnya adalah pada saat traffik internet di provider tersebut tidak padat maka bandwidth paket tersebut akan menggunakan jalur yang kosong tadi sehingga kecepatannya bertambah tinggi/cepat, namun saat trafik kembali padat maka lambat laun kecepatannya akan menurun kembali sesuai jatah awalnya. Misalnya up to 1M, pada saat trafik rendah maka kecepatan akses paket tersebut bisa mencapai maksimal 1M, walaupun mungkin sisa bandwidth masih banyak namun sudah di set di 1M saja.
  34. CIR (Committed Information Rate)
    CIR (dalam bits per detik) digunakan untuk mengatur flow data yang dikirimkan dari/ke pelanggan. Besar CIR normalnya adalah setengah dari besar bandwidth total. Jadi apabila menggunakan bandwidth 1Mbps, maka CIR normalnya adalah 512kbps. Artinya, pada saat terjadi network congestion (jaringan jenuh / bandwidth habis) jaminan kecepatan transfer data minimum adalah 32kbits (CIRnya bekerja) dengan catatan pada jaringan tidak terjadi gangguan apapun. Pada saat tidak terjadi network congestion, besar bandwidth ditentukan oleh EIR (Excess Information Rate) yaitu bandwidth total yang diberikan ke pelanggan (bandwidth yang disewa). Jadi pada sistem CIR, TIDAK ada pembatasan bandwidth maupun pembagian bandwidth / sharing ke pelanggan lain, kecepatan bandwidth dapat menurun hanya apabila terjadi network congestion.
  35. bit
    Binary digit. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.
  36. bps
    bit per second. Jumlah bit yang ditransfer dalam satu detik.
  37. kbps
    Kilo bits per second, jumlah kilobits yang ditransfer dalam satu detik. 1 kbps = 1 x 10^3 bit/second = 1000 bit/second.
  38. Byte
    Byte merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit ). Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu.
  39. Bps
    Byte per second, jumlah Byte yang ditransfer dalam satu detik.
  40. kB/s
    Kilo Byte per second, jumlah KiloByte yang ditransfer dalam satu detik. 1 kB/s = 1 x 2^10 Byte/second = 1,024 Byte/second. Satuan yang sering digunakan untuk menghitung kecepatan download adalah kB/s.