Customer Service: (+62-22) 8606 1101

Bantuan

FAQ : Keamanan

Jawaban:
  1. Mengapa saya harus sering mengganti password saya?
    Dianjurkan bagi Pelanggan untuk mengubah password mereka dari waktu ke waktu. Melsa tidak dapat mendeteksi apakah pemilik yang sah atau bukan dari akun Pelanggan yang melakukan login ke sistem Melsa. Penggunaan akun Pelanggan menjadi tanggung jawab Pelanggan sepenuhnya.
  2. Bagaimana cara mengubah password saya secara online?
    Untuk mengubah password Anda secara online, lakukan login ke halaman member dari situs Melsa, menggunakan user ID (id atau mailbox) dan password yang ingin Anda ubah, kemudian:
    1. Pilih menu Ubah Password
    2. Pada kolom Password Lama, ketik password yang Anda gunakan saat ini.
    3. Pada kolom Password Baru, ketik password baru Anda. Lakukan hal yang sama untuk kolom Konfirmasi Password
    4. Klik Ubah Password
  3. Saya lupa password saya, apa yang harus saya lakukan?
    Jika Anda lupa password Anda (akun email atau utama), Anda dapat me-reset password Anda dengan bantuan Teknisi Melsa. Anda akan diminta untuk memberikan kode verifikasi untuk perlindungan. Silakan hubungi (022) -8606 1100 untuk melakukan reset password.
  4. Apakah ada petunjuk tentang cara membuat password yang aman?
    Sebuah password yang aman adalah password yang tidak dapat dengan mudah ditebak, berikut adalah beberapa petunjuk untuk membuat password:
    1. Menggunakan campuran huruf besar dan kecil, atau gunakan huruf besar untuk seluruh password
    2. Gunakan password yang mengandung karakter alfanumerik dan termasuk tanda baca.
    3. Tidak menggunakan user ID Anda dalam bentuk apapun (terbalik, dikapitalisasi, ataupun diulang) sebagai password
    4. Tidak menggunakan informasi yang mudah diperoleh mengenai Anda, seperti nama pertama Anda, nama belakang, nama hewan peliharaan, tanggal lahir, nomor telepon, dll
    5. Tidak, dengan cara apapun mengungkapkan password Anda kepada siapa pun bahkan jika itu adalah staf Melsa. Tak seorang pun dari Melsa akan pernah meminta password Anda.
  5. Apakah Melsa memiliki aturan dalam pembuatan password?
    Ya. Password Anda harus mengikuti aturan sebagai berikut:
    1. Mengandung setidaknya 6 (enam) karakter
    2. Berisi campuran antara huruf besar, angka atau karakter khusus
    3. Tidak ada karakter alfanumerik
  6. Apa yang dimaksud dengan kode verifikasi?
    Kode verifikasi adalah kode pribadi sederhana yang dibuat oleh Anda, yang Melsa gunakan untuk memverifikasi identitas Anda dan melindungi privasi Anda. Kode verifikasi tidak sama dengan password.
  7. Apakah Melsa memiliki aturan dalam menciptakan kode verifikasi?
    Tidak, namun disarankan bagi Pelanggan untuk membuat kode verifikasi yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak oleh orang lain
  8. Bagaimana cara mengubah kode verifikasi saya?
    Anda dapat mengubah kode verifikasi Anda dalam beberapa cara:
    1. Online, melalui website Melsa di menu Member
    2. Melalui telpon, dibantu customer service atau petugas helpdesk Melsa (beberapa pertanyaan akan diberikan sebagai verifikasi keamanan)
    3. Datang sendiri ke Kantor Melsa (diperlukan validasi kartu pengenal (SIM, KTP atau pasport)
  9. Saya lupa, baik password maupun kode verifikasi saya. Apa yang harus saya lakukan?
    Anda harus datang ke kantor Melsa secara langsung dan menunjukan kartu identitas yang sesuai dengan database yang ada pada Melsa. Password dan kode verifikasi baru anda akan diberikan setelah semua prosedur selesai.
  10. Langkah-langkah apa yang harus saya ambil jika saya sengaja atau tanpa sengaja memberitahukan password saya kepada orang lain?
    Tidak perlu panik, segera ganti password Anda melalui situs Melsa. Perlu difahami, siapapun yang mengetahui password Anda dapat melakukan login ke akun Anda. Anda tidak boleh mengungkapkan password Anda kepada siapapun. Jangan pernah mengunduh file yang dilampirkan pada e-mail dari seseorang yang Anda tidak kenal. File-file ini mungkin berisi program 'Trojan Horse' yang dapat memberikan password Anda kepada scammer tanpa sepengetahuan Anda.
  11. Apa itu "Syarat dan Ketentuan" serta "Kebijakan", dan apa artinya bagi Saya?
    Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Melsa menentukan ikatan antara Melsa dan Pelanggan. Melalui kebijakan ini, Melsa merinci kewajiban dan komitmen kepada Pelanggan, dan memberikan informasi tentang aturan dan tanggung jawab untuk semua Pelanggan. Penting bagi Anda untuk membaca dan memahami semua kebijakan tersebut.
  12. Bagaimana cara melindungi password saya?
    Password anda adalah kunci yang membuka akun Anda. Untuk menjaga keamanan akun, ikuti aturan sebagai berikut:
    1. Jangan pernah memberikan password anda kepada siapapun dengan alasan apapun
    2. Ubah password Anda secara teratur, dan buat password yang sulit untuk ditebak (namun masih mudah bagi Anda untuk mengingatnya).